BUMD pesawaran akan kembangkan e-wali city

Gedongtataan. Rabu,28/07/2020, Grouping Inovasi PIPPELTIM PERUSODA PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD pesawaran bertemu dengan kepala dinas DKP pesawaran Joni,AZ untuk membahas ECO – Waterfront Alam Lingkungan dan Industries(E-WALI) city yang akan di daratkan di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin dan Desa Penyandingan Kecamatan Marga Punduh.

Di dalam E-WALI City ada 9 program unggulan terutama dalam memproduksi natrium carbonat, sodium carbonat dan minyak biota laut berbahan baku air laut bekerjasama dengan LIPI provinsi Kecamatan Padang Cermin Lampung dan stakeholder terkait.

Ahmad Muslimin, Direktur PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama – BUMD Pesawaran  menyatakan, E-WALI city sebelumnya telah di paparkan ke LIPI provinsi Lampung, lalu BUMD pesawaran dan LIPI Provinsi lampung sepakat akan laksanakan kerjasama baik dalam Produksi pangan bergizi untuk melawan stunting berbahan baku pisang dan coklat dan pengolahan air laut.

“Dalam hal teknologi memproduksi air laut pesawaran, untuk menjadi natrium carbonat dan sodium carbonat akan kerjasama dengan kementrian riset dan teknologi dan BRIN RI. Kemudian LIPI provinsi Lampung akan mempatenkan produk natrium karbonat dan sodium karbonat”.Terang Muslimin.

Sebagai support Dinas DKP pesawaran, maka BUMD pesawaran akan di beri hak kelola tanah pinggir pantai di Desa Durian yang miliki tapak manggrove dalam mewujudkan E-WALI City.

Dan di desa durian juga telah di usulkan pembangunan TPI, PERLA, KPST yang kemudian akan di kerjasamakan dengan BUMD pesawaran setelah di selesai di bangun oleh Dirjen KKP RI, agar dapat terkelola secara baik dan benar untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran Bersama.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *